Home / Jenawi / Inilah Kemampuan Orang Patut
Foto: survivopedia.com

Inilah Kemampuan Orang Patut

ORANG PATUT yang didambakan ialah orang yang mempunyai KEMAMPUAN BERPIKIR yang HEBAT, namun juga mampu MEREALISIR semua buah pikirannya maupun siasatnya ke dalam TINDAKAN yang NYATA dalam kehidupan. Kemampuannya membuat gagasan diharapkan bisa MENJERNIHKAN yang KERUH dan MENYELESAIKAN yang KUSUT. Dalam ketajaman pengamatannya, orang ini didambakan dapat membaca ‘’terkilas ikan dalam air, tahulah dia jantan betinanya’’.

Dia orang yang TAHU MEMBEDAKAN RUAS dengan BUKU. Dia mengenal BATAS dengan HINGGA. Dia bisa menunjukkan kepada orang lain mana yang TEMPAT dan mana yang KEDUDUKAN. Dia memakai filsafat alam yang sederhana namun bermakna. Ke atas bagaikan PUCUK ENAU yang hanya satu, tiada lain yang ditujunya hanyalah KEBENARAN pada Yang Maha Esa itu. Ke samping dia MEMPERBAIKI MARTABAT manusia di sekelilingnya, sedangkan ke bawah dia melindungi dan membina segala yang muda yang baru tumbuh.

Kehadirannya yang demikian menyebabkan para warga masyarakat merasa mempunyai KETERIKATAN MORIL terhadap orang patut itu. Betapa tidak, sebab dia bisa MEMBEDAKAN mana KILAT BELIUNG dan mana pula KILAT CERMIN. Dia bisa membaca yang batin. Dia orang arif. Karena itulah orang yang berharga ini telah menjadi ‘’PERGI TEMPAT BERTANYA, PULANG TEMPAT BERBERITA’’. Dengan memperhatikan nasehat orang arif dalam tiap tindak perbuatan, diharapkan buahnya akan memberikan kebaikan, kecuali takdir menentukan lain.

(Orang Patut, UU Hamidy dan Muchtar Ahmad)

Check Also

Apa Peninggalan Tuanku Tambusai untuk Zuriatnya?

Pandangan hidup yang membentuk sikap seperti itu (menegakkan kebenaran yang semata-mata hanya dari Allah) telah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.