Home / Buku UU Hamidy / Nilai Suatu Kajian Awal, UU Hamidy, UIR Press, 1993

Nilai Suatu Kajian Awal, UU Hamidy, UIR Press, 1993

Realitas kehidupan manusia mencari nilai. Itu suatu hal yang tiada diragukan, karena tiap orang atau masyarakat ingin punya nilai dalam hidupnya. Tetapi nilai apakah yang mereka cari? Nilai berkelindan dengan segala aspek kehidupan. Sedangkan manusia belum tentu searah dalam mencari nilai. Maka pertarungan hidup juga menjadi pertarungan nilai.

Sementara itu, tiap puak atau etnis cenderung terlalu egois dengan nilai budayanya sendiri. Mereka ingin dihargai tetapi belum tentu mau menghargai orang lain. Inilah yang amat mengganggu pergaulan antar suku atau etnis. Padahal di samping nilai budaya, ada nilai wahyu dari Tuhan yang bebas dari persukuan, etnis, ruang dan waktu. Jika nilai ini dipertimbangkan, niscaya kehidupan manusia bisa terasa lebih aman serta menimbang rasa yang satu terhadap yang lain dalam pergaulan.

Buku ini menghidangkan tentang ”Apakah Nilai Itu”, ”Sifat Nilai”, ”Terbentuknya Sistem Nilai”, ”Sumber Nilai”, ”Cara dan Tingkat Penilaian”, ”Fungsi Nilai”, ”Lingkaran Nilai” dan lain sebagainya.
Hadirnya pembahasan ini berpangkal dari kenyataan, betapa banyaknya orang yang melakukan kajian tentang ilmu fardhu kifayah, terutama ilmu ummatiyah (ilmu-ilmu sosial dan humanitas) menemukan kesulitan untuk melihat tingkahlaku manusia yang selalu terlibat dengan nilai. Mereka sulit mendapatkan konsep-konsep mengenai nilai, padahal mereka berhadapan dalam penelitian dengan perilaku norma-norma, kontak sosial, adat, tradisi sampai kepada kepemimpinan, sosialisasi, sikap dan pandangan hidup.

Check Also

Naskah Melayu Kuno Daerah Riau, UU Hamidy, Yayasan Sagang, 2014

NASKAH KUNO merupakan JEJAK KEHIDUPAN generasi umat manusia yang telah MENDAHULUI kita di muka bumi …