Home / Buku UU Hamidy / Naskah Melayu Kuno Daerah Riau, UU Hamidy, Yayasan Sagang, 2014

Naskah Melayu Kuno Daerah Riau, UU Hamidy, Yayasan Sagang, 2014

NASKAH KUNO merupakan JEJAK KEHIDUPAN generasi umat manusia yang telah MENDAHULUI kita di muka bumi ini. Tiap generasi dengan zamannya TELAH MASUK SATU DEMI SATU KE DALAM MASA LAMPAU. Tiap generasi telah dijadikan oleh Allah Yang Maka Kuasa bergantian hidup di muka bumi. Maka tiap generasi puak dan suku bangsa juga telah punya tantangan hidupnya masing-masing, yang membuat mereka bertarung pula pada medan hidupnya.

Bagaimana tiap generasi umat manusia menampilkan kehidupannya, ternyata TIDAK LENYAP begitu saja dalam waktu dan kabut zaman. Sebagian daripada gambaran kehidupan masa silam itu telah DIREKAM oleh naskah kuno, yakni berbagai teks tertulis yang mereka tinggalkan. Dalam naskah kuno itu tergambarlah keadaan masyarakat dalam zamannya yang BERKELINDAN dengan agama dan budaya yang mereka amalkan dalam kehidupan masa silam. Karena itu ketika kita membaca naskah kuno, kita bagaikan MENONTON berbagai peristiwa kehidupan. Dari situ kita dapat mengambil pelajaran memilih jalan yang benar untuk kita tempuh dalam kehidupan masa kini, dalam BINGKAI melaksanakan perintah dan meninggalkan larangan yang datang dari Allah dan Rasul-NYA.

Di Riau dapat dijumpai jejak kehidupan masyarakat dan kerajaan Melayu beberapa abad yang silam, melalui naskah kuno yang kita jumpai. Bagaimana DUNIA MELAYU di Riau beberapa abad yang silam, dapat kita KENAL dan DIBAYANGKAN dengan membaca naskah kuno tersebut, yang telah dibentangkan oleh buku ini.

Kita harus JUJUR menilai kehidupan kita dewasa ini, dengan mengambil PERBANDINGAN terhadap kehidupan pendahulu kita beberapa abad yang lalu. Berbagai tulisan dalam naskah kuno itu janganlah hanya dipandang sekedar suatu CERITA yang SUDAH SELESAI, yang TIDAK PUNYA MAKNA lagi bgi masa kini. Ketahuilah, kehidupan masa kini tak dapat DIPISAHKAN dengan kehidupan masa lampau. Sedangkan dalam kehidupan masa kini TERKANDUNG BENIH kehidupan masa depan. Maka perhatikanlah IKTIBAR masa silam itu wahai orang yang berakal budi pasa masa kini….

Check Also

Membeli Dunia, UU Hamidy, Bilik Kreatif, 2015

Nikmat Allah yakni Islam mencapai dunia Melayu setelah para ulama berdakwah sambil berdagang menyinggahi pulau-pulau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *