Home / Bunga Rampai / Lintasan Bilik Kreatif
UU Hamidy bersama Dr Osawa Takamasa, human anthropolog, peneliti di Tokyo University of Marine Science and Aquatic Technology. Foto: Bilik Kreatif.

Lintasan Bilik Kreatif

Meski telah mula ditaja pada tahun 1980, Bilik Kreatif baru hadir di kancah dunia maya pada tahun 2013. Itupun masih dalam bentuk blog yang sederhana yakni http://bilikkreatif.wordpress.com/. Bersempena dengan hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2016, Bilik Kreatif memberanikan diri hadir sebagai website sendiri dengan alamat bilikkreatif.com.

Agustus lalu, berarti telah genap setahun kami hadir dengan cogan ‘’Bersatu di Ujung Mata Pena’’. Untuk itu kami coba hadirkan kembali selayang pandang sejumlah tamu yang pernah singgah di Bilik Kreatif.

Prof Dr Muhammad Haji Salleh adalah salah seorang cendekiawan Malaysia yang pernah berkunjung ke Bilik Kreatif. Penulis buku Sulalat-al-Salatin yakni Peraturan Segala Raja-raja (Sejarah Melayu) karangan Tun Sri Lanang ini telah menerima anugerah Sastrawan Negara 1991. Beliau berkhidmat sebagai guru besar di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Universiti Sains Malaysia serta berbagai perguruan tinggi baik di Malaysia sendiri maupun di berbagai negara.

Dari Jepang, ada Profesor Dr Tsuyoshi Kato dari Toyota Foundation yang sudah dua kali berkunjung ke Bilik Kreatif. Pertama ketika tahun 1987 dan yang kedua pada tahun 2014. Prof Kato adalah profesor emeritus dari Pusat Penelitian Asia Tenggara (Tonan Ajia Kenkyujo) di Universitas Kyoto. Setelah bersara (pensiun) dari Universitas Kyoto, dia masuk ke Ryukoku University dan kini juga telah bersara dari sana. Beliau juga adalah profesor tamu di Research Institute for Humanity and Nature.

Kemudian ada pula Ahmad Mansur Suryanegara. Guru besar sejarah Universitas Padjajaran ini terkenal dengan bukunya Api Sejarah yang mengupas perjuangan ulama dan santri dalam menegakkan negara kesatuan Republik Indonesia.

Profesor Dr Jalaluddin Abdul Malek dari Universiti Kebangsaan Malaysia adalah salah seorang di antara yang banyak membeli buku-buku Bilik Kreatif. Prof Jalal yang berkhidmat di Pusat Pengajian Sosial, Pembangunan dan Persekitaran ini membeli tidak kurang dari 13 buku-buku Bilik Kreatif.

Pada 31 Juli 2016, Bilik Kreatif menerima kunjungan Ustad Felix Siauw. Pendakwah yang akrab dengan pembahasan khilafah islamiyah ini mendapat sambutan hangat dari UU Hamidy karena merupakan salah satu barisan muda yang mampu mendekatkan dakwah dengan para pemuda. Kunjungan Ustad Felix kami tulis khusus di tautan http://bilikkreatif.com/ustad-felix-siauw-di-bilik-kreatif.

Pada Ahad, 13 Agustus 2017, Bilik Kreatif mendapat kunjungan dari guru besar ilmu sejarah dan hubungan internasional di Universitas Istanbul Sabahattin Zaim, Profesor Abd Al Fattah El-Awaisi. Pendiri IslamicJerusalem Research Academy (ISRA) yang berpusat di Istanbul, Turki ini membahas banyak hal terutama untuk perkembangan studi kajian Baitul Maqdis. Untuk selengkapnya bisa baca di tautan http://bilikkreatif.com/ketika-kerajaan-riau-lingga-minta-bantuan-pada-khilafah-turki-utsmani.

Pada Senin 14 Agustus 2017, Bilik Kreatif menerima kunjungan dari Dr Osawa Takamasa. Beliau adalah human anthropolog, peneliti di Tokyo University of Marine Science and Aquatic Technology (S2) dan S3 dari Edinburg University United Kingdom. Karena mendalami studi tentang orang asli, beliau disarankan oleh Prof Muhctar Ahmad untuk menemui UU Hamidy di Bilik Kreatif.

Dr Takamasa meneliti Suku Akit di Kepulauan Meranti, Riau sebagai kajian antropologinya. Beliau terutama sangat memerlukan buku Bilik Kreatif yang bertajuk Masyarakat Terasing di Gerbang Abad XX yang di dalamnya tergambar semua masyarakat terasing di Riau yaitu sakai, Talang Mamak, Akit, Hutan, Bonai dan Suku Laut. Beliau juga melengkapi rujukannya dengan buku Jagad Melayu di Riau, Perantau Jawa, dan Dari Bahasa Melayu Sampai Bahasa Indonesia.

Demikianlah sejumlah pihak yang pernah berkunjung ke Bilik Kreatif. Selain itu, hampir setiap minggu Bilik Kreatif menerima kunjungan baik dari mahasiswa dari berbagai jenjang yang berkonsultasi tentang tesis atau disertasi mereka, jurnalis, para penggiat dakwah dan lain sebagainya. Mereka berasal baik dari Riau, luar Riau bahkan luar negara.

Banyak hal yang ingin kami lakukan melalui website ini. Mudah-mudahan masih diberi kelapangan oleh Allah untuk melakukan itu semua.***

Check Also

Ke Baitullah Setelah Mengusung Jenazah, Oleh: Purnimasari

Kabar duka itu begitu tiba-tiba. Hampir setiap orang yang mendengarnya langsung terperanjat. Si Fulan telah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *