Home / Buku UU Hamidy / Bahasa / Dari Bahasa Melayu sampai Bahasa Indonesia, UU Hamidy, Unilak Press, 2002

Dari Bahasa Melayu sampai Bahasa Indonesia, UU Hamidy, Unilak Press, 2002

Dari bahasa Melayu sampai bahasa Indonesia memang layak dibentangkan. Ini suatu perjalanan sejarah yang paling istimewa. Jangkauan riwayatnya tidak hanya sebatas kepulauan Indonesia atau Nusantara, tetapi menjelajahi rantau Asia Tenggara. Daerah pemakainya terhampar dari Lautan Hindia sampai Samudera Pasifik dan China Selatan.

Bahasa Melayu telah mendasari berbagai dialek. Sebagian telah menjadi bahasa nasional dan bahasa negara. Itulah sebabnya bahasa ini mampu memberikan sentuhan persaudaraan kepada berbagai suku bangsa pemakainya. Prinsip-prinsipnya patut dipelihara sebagai identitas budaya dan jati diri bangsa serumpun.

Pembinaan dan pemeliharaan bahasa Indonesia seyogianya tidak mengabaikan dasar-dasar bahasa Melayu yang telah jadi jati diri bangsa Indonesia. Sebab bahasa Melayu adalah ibu daripada bahasa Indonesia. Memelihara dasar-dasar bahasa Melayu itu amat penting agar bahasa Indonesia tetap punya dasar yang kokoh.

Buku ini mengulas tentang ”Bahasa Melayu sebagai Ibu Bahasa Indonesia”, ”Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar”, ”Seleksi Pemakaian Kata-kata dalam Berbahasa”, ”Ketelitian Menyusun Kalimat”, ”Logika Bahasa”, ”Keterampilan Berbicara” dan ”Kemampuan Pemahaman” yang disertai berbagai contoh bahan bacaan.

Buku dengan sampul bertajuk ”Pergantian Waktu” ini merupakan hasil foto yang dipotret oleh Purnimasari. Buku ini dicetak pertama pada Muharram 1416 H atau bertepatan dengan Juni 1995. Buku ini merupakan cetakan yang ke-IV pada Rajab 1423 H atau bertepatan dengan September 2002.

Check Also

Naskah Melayu Kuno Daerah Riau, UU Hamidy, Yayasan Sagang, 2014

NASKAH KUNO merupakan JEJAK KEHIDUPAN generasi umat manusia yang telah MENDAHULUI kita di muka bumi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *